Jumat, 27 Oktober 2017

Kelebihan dan Keterbatasan Asesmen Respon Terbatas





Kelebihan dan Keterbatasan Asesmen Respon Terbatas

Dalam penyusunan asesmen banyak sekali faktor-faktor yang perlu dipertimbangkan sebagai bentuk keterbatasan asesmen. Misalnya, Soal pilihan ganda atau soal bentuk benar salah mampu mengukur rasa cinta dan benci. Tujuan dalam pembahasan ini adalah untuk mengurangi atau mengoreksi faktor-faktor kebermaknaan yang masih misterius dan belum terungkap dari hasil pengukuran kemmpuan seseorang menggunakan tes jawaban pilihan.
Kelebihan asesmen respon terbatas antara lain:
1.   Pensekorannya/penilaiannya memiliki tingkat obyetifitas yang tinggi.
2.     Dapat mencakup materi pembelajaran dengan cukup luas
3. Jumlah soal yang diberikan cukup banyak sehingga target kurikulum dapat tercapai
4.   Dapat dipakai untuk ujian yang banyak melibatkan peserta didik.
5.  Waktu untuk koreksi relatif singkat, serta tidak harus guru bidang studi yang mengoreksi.
6.      Dapat digunakan untuk kelas dengan tingkat yang sama.
Sementara itu asesmen respond terbatas juga memiliki keterbatasan dalam pelaksanaanya penilaian contohnya antara lain:
1.   Ketika seseorang dihadapkan pada hasil tes pilihan ganda merasa sulit untuk memberi makna pada hasil tes pengukuran tersebut.
2.     Ketika seseorang dihadapkan pada rata-rata nilai dari tes pilihan Benar Salah, padahal yang ingin diperoleh dari siswa sebagai hasil belajar.
3.  Ketika seseorang dihadapkan pada kenyataan bahwa masa depannya menjadi berantakan atau penuh harapan hanya dengan asesmen jawaban pilihan selalui jawaban yang benar tanpa mengetahui makna hasil penilaian yang diperoleh.
Secara umum disamping belum mampu mengungkapkan kemampuan seseorang kelemahan asesmen respon terbatas adalah dalam hal:
1.   Pengembangan soal cukup sulit dan memerlukan waktu yang relative banyak.
2.      Kurang mampu mengukur kemampuan yang menapilka struktur kognitif dan pengembangan kreatifitas berfikir siswa.
3.      Peluang kerjasama antar peserta tes cukup besar.
Meskipun dalam pelaksanaanya asesmen respon terbatas memiliki keterbatasan. Namun asesmen model ini masih digunakan dan masih dianggap relevan hingga masa yang akan datang.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Contoh RPP MTK Satuan Kuantitas

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN Sekolah Dasar             : SD Plus Bina Empat Lima Mata Pelajaran            :   Ma t ematika ...